Wacana pemindahan Ibu Kota

Apanya yang aneh dengan rencana pemindahan Ibukota negara. Jika itu bis amenimbulkan damapk positif kenapa tidak? Kenapa harus dipermasalahkan dan mencari-cari alasan yang tidak masuk akal.

Saya menyetujui rencana pemindahan Ibu kota negara bukan karena saya termasuk dalam barisan SBY, owh noo..big noo..

Hanya saja, berdasarkan apa yang kita lihat, fakta yang ada di lapangan, pemindahan Ibu kota merupakan salah satu solusi bagi kemajuan negeri ini. Sebab bagaimana bisa negeri ini maju, lha wong nyetir mobil dijalan raya aja ga maju-maju saking macetnya..😛

Dalam hal pemindahan ini, tentunya Bapak Presiden dan Timnya pasti telah melewati berbagai pemikiran dan riset, tidak asal bicara atau tanpa perhitungan.

Dengan kondisi Jakarta sepeti saat ini, bisakah kita bayangkan, berapa tahun lagikah bisa dipertahankan?

Jakarta sudah cukup menderita menampung seseuatu yang diluar kemampuanya. Penduduk makin tahun semakin meningkat, padahal kesejahteraan yang diburu di Jakarta belum tentu didapat.

Jakarta sudah cukup menderita, menampung bangunan yang kian menjulang dan tembok-tembok raksasa. Semakin lama semakin berkurang pula lahan terbuka dan resapan air berubah fungsi menjadi yang tidak seharusnya. Akibatnya air tak punya tujuan lagi, idak ada penampungan. Jikapun ada, sungai. Tapi kenyataannya semakin bnayak penduduk yang tidak peduli dengan lingkungannya. Membuang sampah sekehendak hati, membuat aliran tersumbat dan meleber ke pemukiman penduduk.

Yang semakin membuat keadaan semakin miris adalah korban dari keadaan ini adalah masyarakat kelas bawah, masyarakat yang sengaja datang untuk mengadu nasib, namun sayangnya tidak dibarengi oleh bekal yang mumpuni, hanya modal nekat tanpa kemampuan, mau tidak mau seleksi alam menempatkan mereka sebagai masyarakat pinggiran, menempati huniah-hunian ala kadarnya dan terabaikan.

Bahkan matahari saja tak leluasa membagikan sinarnya, lalu bagaimana mungkin kesejahteraan bisa merata.

Oleh karena itu, satu-satunya solusi untuk mengurangi kesenjangan ini adalah dengan memindahakn pusat pemerintahan. Agar Jakarta tidak semakin tenggelam hingga suatu saat mungkin hanya tinggal sejarah. Sebelum itu terjadi, sudah sepatutnya pemerintah segera menyusun wacana semacam ini.

Meskipun ini tidak semudah kedengarannya, karena pastinya butuh dana yang tidak sedikit. Dan mungkin bisa menimbulkan masalah baru. Akan tetapi ini jauh lebih baik, dari pada tidak sama sekali, dari pada suatu saat kita hanya bisa menyesali kenapa kita tidak berusaha menyelamatkan Ibu kota negara.

Ini memang kedengarannya sulit, tapi ini bisa dilakukan secara bertahap, tidak harus dilakukan sekaligus. Salah satu cara mungkin dengan memilih kota yang kira-kira pembangunannya sudah lumayan maju, sehingga kita tidak harus benar-benar membangun dari awal.

===
Re-post
@Salemba – September 2013

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 5 Januari 2014, in 30 Hari Nonstop Ngeblog. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. aqu suka sama tulisan mu ini,, taq jauh berbeda lha kita😀

    Suka

  2. Memang bakalan agak ribet tapi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk memindahkan ibukota. Kira-kira mana Mba yang cocok? Hehehehe…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: