Smart Trip Tips

Ngetrip itu harus smart. Dari pengaturan waktunya, efisiensi biaya, dan ketepatan waktu. Jangan asal jalan, lalu setelahnya bingung mesti kemana dan mau bagaimana. Entah itu kita ngetrip sendiri atau lewat Trip Organizer.

Saran aja sih, kalau kita belum pernah ngetrip sendiri, atau takut dan bla..bla..bla, lebih baik menggunakan TO. Setidaknya agar kamu punya bayangan, ngetrip itu seperti apa dan harus bagaimana.

Smart dalam memilih TO juga merupakan sebuah keharusan. Jika kita belum punya pengalaman menggunakan jasa sebuah TO, kita bisa menyaring informasi dari orang-orang yang pernah menggunakan TO tersebut.

TO yang Smart itu, pandai menghandle pesertanya. Biar bagaimanapun, pelanggan adalah raja. Tepat waktu. Fasilitas yang didapat setidaknya sesuai dengan biaya yang kita keluarkan. Kalau kebetulan crew TO-nya cantik jelita atau tampan rupawan, itu sih bonus.. hahha:mrgreen:

Tadi saya dan seorang teman asik ngomongin masalah trip. Dan fix, kami sepakat sejauh ini Trip Organizer terbaik yang kami kenal adalah SMARTrip Adventure.

SMARTrip Adventure merupakan TO yang membantu saya dan teman-teman ketika mengunjungi Bromo awal tahun kemarin. Profesional, tidak abal-abal, itulah yang kami tahu tentang crew dan pelayanannya.

Salah seorang teman sempat sih mengutarakan ketidaksukaannya. Dia bilang, tripnya terburu-buru. Kalau menurut saya disitulah letak keprofesionalan mereka, kunjungan sesuai itenerary, sesuai waktu yang telah disusun.

Saat itu saya merasa biasa saja, ketika mendapat pelayanan mereka yang bagus dan cekatan.

Crew yang ramah dan gokil membuat trip lebih hidup dan seru. Guide yang mereka pilih penuh tanggung jawab dan benar-benar menguasai medan. Peserta tidak pernah dibiarkan sendiri, selalu didampingi. Jadwal dan tempat kunjungan sesuai dengan itenerary yang mereka tawarkan. Kami tidak dibiarkan bingung harus apa dan bagaimana, mereka selalu ada. Bahkan ketika waktunya tidur, sudah di homestay masing-masing, mereka menyempatkan diri mengunjungi setiap homestay rombongan tripnya. Menyempatkan diri beramah-tamah, bahkan ketika mereka sendiri sudah kelelahan, rela menembus hawa dingin dataran tinggi malang, desa gubugklakah.

Bersama salah satu Crew  SMARtrip

Bersama salah satu Crew SMARtrip

Saya pikir, semua itu memang sudah seharusnya.

Tapi setelahnya, ketika saya ikut acara dari TO yang berbeda, saya mulai membanding-bandingkan. Bahwa apa yang saya peroleh di Smartrip tidak saya temui di TO yang lain.

Ya, memang, lain tempat lain cerita. Lain orang lain pula standar keinginannya. Namun biar lebih gampang menilai, setidaknya apa yang kita dapat sepadan dengan apa yang kita bayar. Kalau pelayanan dan fasilitas yang kita dapat tidak sesuai dengan yang kita bayar, tidak sesuai dengan yang dijanjikan, sudah sewajarnya kita mikir berulang kali untuk gabung di acara yang dibuat TO tersebut.

Sorry, ini bukan promo, atau kalau ada yang mikir saya dibayar untuk menulis ulasan ini – bunag jauh pikiran itu. Semua ini murni atas keprihatinan saya terhadap TO yang mulai menjamur belakangan ini. Paket yang ditawarkan oleh TO abal-abal  ini kadang tidak sesuai dengan apa yang diberikan . Mulai dari itenerary yang kacau balau, fasilitas yang jauh dari harga yang peserta bayar.

Kadang ada yang berpikir, yang penting dapat duit banyak – perkara puas tidak puasnya peserta trip itu belakangan.

Mana boleh seperti itu! Sekali lagi pelanggan adalah raja. Lagi pula, kesan pertama itu sangat menentukan perjalanan kedepannya. Kalau si peserta puas pada kesan pertamanya, trip pertamanya dengan TO Anda, bisa jadi mereka akan ketagihan, tak mau ke lain hati. Trip berikutnya mereka maunya bareng TO milik Anda, karena mereka puas, tidak mengecewakan.

Lain cerita kalau kesan pertamanya udah bikin kecewa. Wassalam.. cukup sekali, berikutnya ogah ah.

Jangan sombong. Jangan pernah berpikir seperti ini,  “Lu ga suka, emang Gua pikirin. Toh orang yang ngetrip bukan Lu doang. Masih banyak orang-orang diluaran sana yang mau pake jasa TO Gua.”

Yang namanya Trip Organizer, sumber pendapatannya dari  orang-orang yang mau ngetrip. Kalau ada yang kecewa dengan TO-mu,

mereka bisa bercerita pada orang lain, teman-temannya, grup nge-trip dll – agar tidak tertipu oleh TO mu. Naaahhh lhooo.. habis sudah!! Silahkan gigit jari.

Be smart guys.😉

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 2 September 2014, in Catatan and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Oke. Nice recomendation. Belum pernah ke bromo juga jadi penasaran sama TO nya🙂

    Suka

  2. kren mbak, profesional itu TO koq

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: