Pintu Masuk Rezeki Bagi Blogger: Kontent dan Networking

 Funblogging 8

“Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat”

Hadits ini cukup untuk menjadikan kita agar terus menambah wawasan tanpa pandang bilangan usia. Selama itu bermanfaat. Dan, kurang bermanfaat apa lagi coba kalau itu berhubungan dengan optimasi blog. Bagi blogger lho yaaa😉

Salah satu wadah yang tepat untuk mengembangkan kemampuan blogger adalah Fun Blogging. Saya sendiri sudah tertarik sejak pertama kali Fun Blogging diadakan.

Fun blogging ini digagas oleh tiga blogger perempuan yang pastinya sudah gak asing bagi dunia perbloggeran. Siapa sih yang ga kenal Mba Shintaries? Siapa juga yang ga tau Mba Ani Berta? Dan Mba Haya yang prestasinya tak perlu diragukan lagi.

fun blogging 8_

peserta

Karena bobot materinya yang luar biasa, banyak teman blogger yang mengantri dan menanti untuk ikutan Fun Blogger. Beruntung Fun Blogging 8 ini ada quota tambahan, jadi saya dan beberapa teman lainnya bisa ikut. Kerennya, ada yang jauh-jauh dari Jogja lho.. Luar biasa!

Fun Blogging 8 diadakan di GRATIA CENTER – Graha Telematika, Jl. Ciputat Raya No. 62 Pondok Pinang

Bayangan saya, Ciputat itu letaknya hanya di sekitar UIN Hidayatullah, lurus sampai terminal. Dan yes, saya salah jalan. Untung ada bang ojek, nyasar tak lagi jadi masalah.😉

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, Fun Bloging merupakan wadah yang tepat bagi para bloger untuk belajar bagaimana menjadi blogger yang menghasilkan. Tentunya dengan attitude yang tetap harus dijaga.

Tema yang diangkat adalah “Dari Hobi Menjadi Profesi”. Pastinya cukup menggoda blogger manapun.

Rasa-rasanya hampir semua orang berharap dapat berprofesi sesuai dengan hobinya, sesuai passion. Curhat dikit nih, saya pernah bekerja di bidang yang kurang saya sukai. Awalnya saya anggap itu tantangan agar diri ini berkembang. Memang sih berkembang, saya belajar banyak. Tapi namanya passion tidak bisa dipaksakan.

Fun Blogging 8

Mba Haya sedang menyampaikan materi.

Materi pertama diisi oleh Mba Haya sebab Mba Shinta masih ada keperluan lain. Penyampaian Mba Haya fokus pada tehnik menulis. Bagaimanapun, seorang blogger akan jauh lebih diperhitungkan ketika konten yang dimilikinya menarik. Dan kemampuan/penguasaan tehnik menulis akan mempengaruhi konten dalam blog.

Mulai dari EYD, tanda baca , hurup kapital hingga runut tidaknya sebuah kalimat.

Mba Haya juga menekankan agar jangan malas untuk melakukan riset agar tidak terjadi kesalahan informasi dan supaya apa yang kita tulis lebih bernyawa. Selain itu jangan malas untuk melakukan self editing. Dan yang tak kalah penting, buatlah tulisan kita sederhana. Dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Tidak ada yang salah ketika kita menggunakan blog untuk menghasilkan uang, selama apa yang kita tulis memang menyentuh kehidupan kita sehari-hari.

fun blogging _8

Ibu Dewi dari Sari Husada

Setelah Mba Haya menyampaikan materinya, dalam kesempatan ini hadir Ibu Dewi sebagai perwakilan dari Sari Husada yang menjelaskan adanya kanal Nutrisi Untuk Bangsa.

Nutrisi Untuk Bangsa, sebuah gerakan dari masyarakat, untuk masyarakat dalam meningkatkan kepedulian akan masalah-masalah gizi di Indonesia. Nutrisi Untuk Bangsa mengajak seluruh elemen bangsa untuk bekerja sama memerangi permasalahan gizi di tanah air.

Info yang disampaikan di sana dikemas dan disajikan secara ringan semenarik mungkin agar dapat menyentuh semua lapisan masyarakat. Dengan harapan masyarakat lebih peduli terhadap gizi dan kesehatan.

Oya, di Nutrisi Untuk Bangsa siapa saja bisa jadi kontributor. Yang penting tulisannya tentang nutrisi dan kesehatan.

====

Fun blogging 8

Mba Shinta menyampaikan materi //Foto dari Fb Iwita Jakarta

Lain Mba Haya, lain pula mba Shinta. Penyampaian Mba Shinta tentang optimasi blog secara teknis.

Seperti penggunaan template yang ramah. Mulai dari font dan bilah sisi teks yang eye cathing. Karena sebagian besar kita membaca mulai dari sudut kiri, maka letakkan segala widget dibilah kanan.

Setelah kita memilih flatform blog yang ingin digunakan, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang menarik lalu bagikan ke berbagai media sosial. Keaktifan kita di media sosial nantinya dapat terakumulasi di Klout Score. Ngomong-ngomong Klout score ini merupakan pintu masuk berbagai job.

Banyak istilah dan ilmu baru yang ditularkan Mba Shinta yang memang merupakan kebutuhan dasar bagi seorang blogger.

fun blogging  8

Mba Ani semangat sekali padahal sedang kurang fit. Salut!

Mba Ani Berta, sudah melanglang buana berkat ngeblog. Rahasianya? Rendah hati dan jangan segan membangun networking.

Dalam bersosial media, seseorang harusnya mendapatkan benefit sosial dan benefit materi.Contoh benefit sosial: networking, sharing ide dan informasi.

Sedangkan untuk memperoleh benefit materi dari sosial media kita harus mengikuti aturan main. Mulai dari konten, optimasi blog secara tekhnis hingga networking. Dan setelah mendapat job, perhatikan kode etik.

Intinya seperti itu. Saran saya, kalau mau dapat ilmunya secara lengkap, ikut aja Fun Blogging berikutnya. Karena ilmu yang didapat ngga cuma sampai disitu, melainkan berkelanjutan.

 Terimakasih Fun Blogging. Ini jadi penyemangat bagi saya yang sangat kurang istiqomah dalam ngeblog. Terimakasih buat Mba Haya, Mba Shinta dan Mba Ani. Juga buat rekan-rekan semua. Mohon bimbingannya. Ahaha😀

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 7 Januari 2016, in Journey, Reportase and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. Bener. Kita 1 angkatan nih di FB8. Nggak myesel ngantri lama buat ikut acara ini.

    Suka

  2. adalg gk acara begininan

    Suka

  3. Semoga saya bisa ikutaaan. Mupeng sama ilmunya.

    Suka

  4. banyak ilmu yg aku dapatkan sejak ikutan fun blogging, mudah mudahan bisa terus konsisten ngeblog

    Suka

  5. Hai mba Azzuralhi. Salam kenal. Seneng ya bisa bergabung di Fun Blogging ini. Jadi banyak ilmu dan banyak temen hihihihi. We’re so lucky mba :)))

    Suka

  6. Ha ha kok sama sih mbak.. Mesti alumni UIN, yah? Aku juga awalnya gitu. Tak kira di sekitaran UIN.🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: