[Review] CJ7 (Mandarin Movie)

cj7.jpg

CJ7 (Tionghoa: 長江七號 Chang Jiang qi hao) merupakan sebuah film Hongkong yang dirilis pada tahun 2008. Film ini disutradarai oleh Stephen Chow. Pemain utamanya di film ini ialah Stephen ChowXu JiaoKitty Zhang Yuqi, dan masih banyak lagi. Dirilis pada tanggal 30 Januari 2008.

CJ7 bercerita mengenai sebuah keluarga miskin yang harus bertahan hidup di kerasnya sebuah kota metropolitan di China. Ti (Stephen Chow) yang hanya bekerja sebagai buruh bangunan harus menghidupi anak semata wayangnya yang bernama Dicky (Xu Jiao) untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya. Menarik untuk disimak bahwa dalam CJ7, Stephen Chow dengan sungguh-sungguh memperlihatkan jurang yang sangat besar antara si kaya dengan si miskin di negara yang konon ekonominya sedang booming di dunia. Hal ini terlihat dari kondisi Dicky di bandingkan dengan teman-teman sekelasnya yang bersekolah di salah satu sekolah bergengsi di kota tersebut.

Kejutan kemudian muncul ketika isu penampakan UFO muncul di kota tersebut. Secara tidak sengaja Chow yang selalu memungut sampah untuk dihadiahkan ke anaknya sebagai mainan menemukan sebuah benda aneh berbentuk bola hijau yang elastis. Dicky menemukan bahwa benda aneh tersebut adalah seekor alien imut yang dapat dipelihara layaknya seekor anjing. Alien tersebut kemudian dinamakan CJ7 (angka 7 di sini konon mengacu pada program pesawat luar angkasa berawak yang sedang dijalankan oleh China, Shenzou 7, yang akan diluncurkan pada bulan September 2008). Petualangan kocak dan seru pun berlanjut ketika Chow dan Dicky menemukan bahwa alien tersebut telah masuk menjadi anggota keluarganya. Film ini secara cerdik bertutur kisah dorongan untuk bertahan hidup meskipun dalam kondisi yang mengenaskan, pembelajaran nilai kekeluargaan sejati dan tentunya the things that money can’t buy.

Film yang berdurasi 100 menit ini memiliki kekuatan yang luar biasa dalam memainkan emosi para penontonnya. Ketika para penonton tertawa terbahak-bahak dalam suatu adegan, tiba-tiba penonton dapat tenggelam sedih oleh acting para karakternya.

Beberapa parodi film-film barat pun sedikit banyak telah memberi kekuatan tersendiri bagi film ini. Namun spesial efek yang disuguhkan memang tidak sedahsyat dibandingkan dengan Kungfu Hustle. Tetapi secara substansial hal itu tidak mengurangi kualitas cerita karena tampaknya Chow ingin membuat sesuatu yang baru di film ini yaitu dari sisi emosional cerita yang berpengaruh signifikan terhadap naik-turunnya emosi para penontonnya. Bisa dibilang alur dan substansi keseluruhan cerita film Stephen Chow kali ini sedikit lebih serius tetapi sama sekali tidak kehilangan sentuhan komedi yang menjadi ciri khasnya. Inilah letak kekuatan utama dari film CJ7.

Source : sambaldadakan @wordpress.com dan Wikipedia 

 Stephen Chow mungkin bukan seorang aktor yang asing bagi teman-teman (tapi bagi saya asing-karena jarang malang melintang didunia per-mandarin-an🙂 .
Cerita dalam Film ini secara garis besar BAGUS. Karena ceritanya tidak hanya berfokus pada si alien  CJ7-nya saja tapi lebih pada kehidupan sosialnya. bagaimana kehidupan orang-orang yang tersekat dalam kehidupan sehari-hari. Sekat-sekat yang ditimbulkan oleh kemapanan materi.

Point penting yang ingin disampaikan film ini menurut ku adalah :
1. Jangan membedakan orang hanya karena tingkat ekonomi yang berbeda, dan bagaimana harusnya seorang guru memberikan contoh terhadap murid-muridnya.
2.Tidak ada yang mustahil Kalau kita mau berusaha😉

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 1 Februari 2012, in Inspirasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: