Jakarta Tour With Mpok Siti

Akhirnya bisa ngerasain bus tingkat. Setelah berapa tahun yang lewat saya posting photo bus tingkat jaman dulunya Jakarta. Di postingan tersebut saya sertakan caption “wah ternyata Jakarta juga punya bus tingkat ya, tapi dulu. Coba kalau sekarang masih ada , seru deh kayaknya.”

Siapa sangka jika hal ini terwujud. Terimakasih buat pak Jokowi. hehhe.
Dan setelah diresmikan akhir bulan Februari kemarin, akhirnya saya berkesempatan untuk menikmatinya.

Sebenarnya ini semacam aji mumpung. Mumpung saya lagi keluar, dan kebetulan jalurnya sangat bersahabat. Jadi waktu itu saya ada sedikit keperluan di daerah Bunderan HI. Dan you know what, sekarang halte busway disana sudah tidak berfungsi sebab dirombak untuk pembangunan jalur MRT. Jadi mau tidak mau dan suka tidak suka kita harus turun di Halte Sarinah atau ICBC. Saya lebih memilih halte sarinah.

Nah setelah urusan saya selesai, baliknya naik city tour. Nunggunya nggak terlalu lama. Selain karena jalurnya yang memang ngga seberapa panjang, armadanya juga lumayan memadai.

Busnya lumayan lega. Didalamnya full ac. Kalau ngga salah liat, rata rata pengemudi city tour ini perempuan lho.. hahha.

20140310_153950

Namanya city tour, jadi nggak afdol kalau ngga liat Jakarta city secara leluasa. nah kalau mau leluasa sebaiknya naik ke lantai atas. Disini kita bisa menikmati panorama kota dengan nyaman.
Tapi kalau kalian sedang tidak beruntung, penumpang membludak mau ga mau duduk dibawah deh ya. Pemandangannya juga lumayan kok, bisa liatin mba guidenya yang cantik, mas onboardnya yang tampan, Mpok pramudinya yang gesit dan polisi city tournya yang aduhai.. hahha.

Oya sebagai info, dalam setiap city tour ada beberapa petugas, yaitu :
1. Pramudi : yang ngejalanin si mpok siti. Tidak perlu khawatir dengan keselamatan kalian, karena si pramudi tentu saja orang yang berpengalaman. Dan sepertinya tahu betul cara memanjakan peserta tour, yaitu dengan melambatkan kecepatan bus. Yeaaahh.. namanya juga city tour.
2. Guide : Orang yang akan menjelaskan kepada peserta tour apa-apa saja yang dilewati oleh si mpok siti. Dari nama-nama jalan, sejarah bangunan yang ada disepanjang jalan, apa saja yang bisa kita nikmati di area tersebut dst.
3. Onboard, kalau kalian biasa naik busway pastinya udah familiar apa itu onboard. Yepp.. Orang yang menyambut dan melepas kita dari bus.. euumm.. Orangnya ramah banget. Kita disambut dan dilepas dengan senyum yang bikin kita ikutan senyum tanpa kita sadari. hehe
4. Polisi Tour : Yaaa Polisi.. Adanya polisi dalam city tour ini tentu saja untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta tour. Apakah ini meniru konsep city tour diluaran sana? saya tidak tahu karena saya tidak pernah keluar. oke. stop ngetawain orang.. ffiiuhh..

20140310_153517

Tentunya ada banyak tawa disepanjang perjalanan tour, ya tentu saja. Semua orang bergembira dan bernarsis ria. intinya sangat berisik. Padahal awalnya tidak seberapa penuh. Bukan apa apa sih, saya hanya sedikit terganggu karena penjelasan si guide jadi agak samar, telinga ditajam-tajamin.

Dan inilah informasi yang berhasil saya jaring sepanjang perjalanan tersebut :
1. Jalan MH Thamrin.

Pastinya udah pada tau siapa beliau. garis besarnya adalah dia anak seorang konglomerat, dia yang membuat PAM (Perusahaan Air Minum) yang masih dinikmati masyarakat luas hingga saat ini. Beliau demen pake peci kemana mana.

2. Gedung Sarinah.
Merupakan gedung pencakar langit pertama di jakarta sekaligus pusat perbelanjaan modern pertama di jakarta. jadi dulu masyarakat berbondong bondong untuk berbelanja disana. saking banyaknya yang terhipnotis oleh pusat perbelanjaan yang satu ini sampai sampai pengelola menerapkan peraturan *satu orang hanya boleh membeli satu baju..* hahhaa
Oya nama sarinah itu sendiri merupakan salah satu bentuk apresiasi bapak pn kita yang pertama yaitu pak sukarno, terhadap seorang pengasuhnya. Jadi pak karno ini dulu punya pengasuh, namanya Sarinah. Ibu sarinah ini sangat menginspirasi pak karno. begitu katanyaa..

3. Patung selamat datang
Pasti banyak yang gak ngerti patung selamat datang tuh yang mana..hayooo ngakuu.. hahha. Tak bukan selain patung yang ada di pancuran bunderan HI. Dibangun pada 1992 dalam rangka Asean Games ke-4. Daerah tersebut dulunya merupakan perkebunan sayur.

4. Patung Kuda
Itu lho yang ada disilang Monas. Terdapat 8 patung kuda berikut 8 bayangannya.

5. Istana negara/istana kepresidenan ternyata tadinya merupakan rumah pribadi seorang saudagar belanda.

6. Musium Nasional
Atau dikenal juga sebagai musium gajah. Ternyata dulunya tempat ini merupakan gedung jodoh. Tempat bagi none dan abang belanda mencari pasangan hidup.

7. Sekretariat Negara
Merupakan tempat perjamuan bagi muda mudi belanda. sebut saja gedung dansa. pribumi dilarang masuk, bahkan dilarang mendekat. tapi gedung dansa tersebut yelah dirubuhkan seiring bergantinya fungsi tempat tersebut.

8. Kawasan Harmoni
Woooww… ternyata harmoni dulu merupakan tempat hiburan nomor 1 se-asia tenggara. keren kan..
Setelah melewati lampu merah harmoni, yang lamanya naudzubillah, selanjutnya kita memasuki daerah juanda dan pasar baru.

20140310_143849

Berhubung ini late post, late nya banget banget, jadi saya sudah agak lupa. jadi maaf saja kalau tidak terlalu lengkap, atau mungkin ada kesalahan informasi. (tolong dikoreksi ya).
Oya, City tour Jakarta ini sudah mengikuti standar eropa.
Jam operasional : 09:00 – 18:00 (hari kerja. untuk hari libur kalau gak salah jamnya beda, dikit)😀
Sayangnya daerah operasional citytour ini hanya disekitaran pasar baru – bunderan HI doang. Tapi, lumayanlah dari pada nggak ada.
Naiknya dekat halte-halte busway, dengan tanda khusus seperti ini :

20140317_153605

20140310_144000

#Artinya city tour tidak berhenti disemua halte busway ya.
Berikut halte-halte khusus citytour (yang masih saya ingat)😛
1. Pecenongan,
2. Gd. Kesenian/ Ps. Baru
3. Istiqlal/Katedral
4. Monas
5. Sarinah
6. Bunderan HI
7. Musium Nasional
8. Tolong tambahkan kalau ada yang kurang..hahha
Uummm…buscity ini terbuka buat umum alias gratis tapi khusus di 3 bulan pertama. Setelah 3 bulan, teman-teman yang ingin mencicipi city bus ini harus punya tiket masuk.
Tiketnya bisa diambil di musium-musium, travel dan pihak-pihak terkait.
Jangan tanya saya, intinya setelah 3 bulan, penumpang bayar apa ngga?? Silahkan bertanya pada pihak bersangkutan..hahha
#Saran, kalau nggak mau ngantri dan desak-desakan, naiknya pas hari dan jam kerja.

Akhir kata, selamat menikmati Jakarta city bersama mpok Siti.

20140310_142404

#Semua photo merupakan koleksi pribadi.

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 26 April 2014, in Catatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: