Kopdar Blogger Mencintai Nusantara

Dok : Blogdetik

Dok : Blogdetik

Kopdar blogger se-nusantara.??? :O becanda kali aahhh…

Ada gitu, orang-orang yang sekedar iseng-iseng posting diblog lalu secara sadar dan kurang kerjaan keluar dari pertapaannya hanya sekedar untuk ketemu dengan orang-orang yang tidak dikenalnya. Buang-buang uang dan dan waktu, plisss dehhh.. hari giniii gitu lhoooo, ada gitu..?? Apa bagusnya jadi blogger, semua orang juga bisa bikin tulisan-tulisan sampah semacam itu. Apa pula yang dipikirkan blogger-blogger itu sampai mereka harus melakukan hal tak berguna semacam itu, apa pula yang ingin dicapai seorang blogger sampai harus turun gunung.. ckckck

Tak lebih dari sekedar orang-orang kurang kerjaan dan sok hebat..ckckck

#suara-suara sumbang kita pause#:mrgreen:

Blogger sekarang memiliki kekuatan tersendiri di masyarakat. Bahkan berbagai berita atau informasi penting terkadang lebih mudah didapatkan dan dipercayai dari seorang Blogger. Kualitas informasi dan kecepatan informasipun tak jarang disebarkan oleh para Blogger. Blogger pun menjadi sebuah status yang dibanggakan karena ternyata mampu memberi dampak besar bagi masyarakat.

Pemerintah sekarang juga sudah mengakui para blogger dan sering menggandeng mereka untuk mensosialisasikan program kerja dari pemerintah.

Belakangan ini dunia blogger semakin semarak dan berwarna, terbukti dengan semakin sering diadakannya kumpul-kumpul blogger dari berbagai komunitas dan berbagai daerah. Bagi sebagian orang, disebut seorang Blogger itu rasanya membanggakan namun bagi sebagian orang, blogger tak lebih hanya sekumpulan orang-orang yang kurang kerjaan dan sok ngeksis. Aduh plisss..😛

Semakin majunya perkembangan zaman, keberadaan para blogger semakin diperhitungkan. Hal ini menunjukkan bahwa Blogger bukan hanya sekedar kegiatan misuh-misuh ga jelas, curhat labil yang super lebay, tidak.. tidak hanya sebatas itu. Sebab kini, blogger merupakan salah satu lingkaran penyampai informasi yang patut diapresiasi.

Terlepas dari itu semua, kegiatan ngeblog yang artinya menulis adalah salah satu bentuk terapi pelepasan. Melepas apa yang kita ketahui yang memiliki potensi untuk diketahui lebih banyak orang. Terapi untuk melepas kepenatan setelah berkutat dengan kegiatan sehari-hari yang membosankan, yang kadang ingin ditinggalkan dan kabur sejauh-jauhnya. Ngeblog/menulis sebuah terapi yang jitu untuk mengembalikan semangat.

Ngeblog, adalah sebuah dimensi lain yang dapat memberikan sensasi yang menenangkan, yang bagi sebagian orang merupakan ruang untuk menunjukkan eksistensi. Dan tentunya sebagai media menjalin persahabatan, tidak hanya didunia maya, persahabatan dunia maya para blogger dapat diwujudkan menjadi persahabatan yang nyata dengan diadakannya kopdar alias kopi darat.

Kumpul bareng 100 blogger itu saja rasanya sudah aduhai banget, apa lagi kalau kumpul bareng peserta #30harinonstopngeblog dan blogger se-nusantara, pasti semakin aduhai. Hal ini bukan tidak mungkin karena ini sudah pernah terlaksana tahun 2011 di Sidoarjo dan Tahun 2012 di Kota Makassar. Jika sebelumnya bisa terlaksana secara lancar mengapa tahun ini tidak. Jika tahun-tahun lalu bisa lancar, padahal baru dimulai, tentu di tahun ke-3 dan tahun-tahun berikutnya akan lebih baik dan sistematis. Apalagi kalau tahun ini didukung pula oleh Blogdetik, pasti bakalan lebih seru. Oya sebelumnya, sudah sepatutnya kita berikan apresiasi pada penggagas acara-acara semacam ini, diantaranya Blogger Nusantara dan Idblognetwork, keduanya juga menjadi pendukung untuk event #30HariNonStopNgeblog kali ini.

Perlunya diadakan kegiatan kopdar tak lain untuk memupuk rasa kebersamaan antar blogger, mempererat persahabatan yang tadinya hanya terjalin secara maya hingga diwujudkan menjadi persahabatan dunia nyata. Owhhh dikau si fulan, jauh nian kau kemari demi acara ini, saya jadi terharu. Si falin ternyata aslinya lebih cantik loh dibanding yang saya liat di foto-foto yang sering diposting di blognya…. #wkwkwk salah fokus..:mrgreen:

Melalui kopdar bisa dirumuskan suatu rencana kerja yang sistematis, yang bertujuan untuk semakin mempererat ikatan yang sudah terjalin. Misalnya kesepakatan untuk membuat postingan yang menyerukan masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri menjelang diresmikannya ASEAN Community 2015, sebab nanti semua negara anggota ASEAN diperbolehkan memasuki semua lini perekonomian negara anggota lainnya. Jika kita tidak mencintai produk dalam negeri, maka tunggu saja waktunya, kita hanya bisa jadi penonton pinggir jalan.

Jika akan diadakan lagi, dan jika harus tahun ini pilihannya dibulan November. Selain karena masih ada waktu untuk melakukan persiapan November juga aman dibanding Desember, karena dibulan Desember kita harus menghormati teman-teman yang beragama Kristen atau Katolik yang akan merayakan natal.

Kota yang paling pas kali ini untuk dijadikan tuan rumah adalah Palembang. Palembang merupakan salah satu propinsi yang memiliki keistimewaan bagi Indonesia berdasarkan sejarahnya sehingga selain silaturahmi antar blogger kita juga akan lebih dekat dengan Nusantara karena napak tilas sejarah yang disajikan Palembang. Selain itu ada banyak hal yang bisa dinikmati oleh para blogger di kota ini. Mulai dari seni budaya, kuliner serta panorama alamnya.

Dan saya berharap kopdar ini dilakukan ditempat terbuka, sehingga tidak terlalu kaku dan tidak menjadi semacam seminar yang membosankan dimana selalu ada kursi, meja dan layar LCD. Seminar dan seminar lagi. Itu membosankaaaaannnn:mrgreen:

Kenapa sesekali tidak dilakukan di alam terbuka atau jika perlu dilakukan di alam liar.

Dalam kegiatannya para peserta mencoba belajar bertahan hidup, diberikan beberapa tantangan dengan dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga secara tidak langsung peserta belajar tentang team work, dengan begitu para blogger akan lebih akrab satu sama lain

Tentu setelahnya akan banyak sekali cerita yang takkan terlupa, akan banyak sekali postingan blog yang tidak hanya menceritakan betapa nikmatnya hidangan yang disuguhkan panitia, betapa meriahnya acara rebutan hadiahnya. Melainkan betapa menantangnya kegiatan tersebut, betapa itu tidak terlupakan. Dengan begitu, selain acara ini penting untuk mengeratkan persahabatan para blogger, ini juga akan mengeratkan hubungan kita dengan nusantara, agar kita lebih mencintai alam nusantara yang begitu indah.

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 2 September 2013, in 30 Hari Nonstop Ngeblog. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: