Perisai Penahan Nafsu

Kita pasti sepakat bahwa manusia adalah sebaik-baik makhluk ciptaan Allah SWT, karena kita dianugerahi akal untuk membedakan mana yang pantas dan mana yang seharusnya dijauhi.

Tapi satu hal yang bisa membuat manusia sederajat dengan binatang adalah Nafsu.

Binatang tidak dianugerahi akal, maka setiap yang dilakukannya adalah semata-mata karena nafsu.

Perhatikan cara mereka untuk memperoleh posisi tertinggi dalam klan atau kelompoknya, cara mereka memperoleh pasangan sampai cara mereka memperoleh makanan tak jarang mereka saling membunuh.

Dan lihatlah sesama kita manusia. Banyak sekali kita lihat orang yang gontok-gontokan demi tahta, wanita dan harta. See..?? melihat fakta ini, kita pasti tetap tidak mau disamakan dengan binatang, bukan?:D

Ciri orang yang mengikuti hawa nafsunya adalah mengambil sesuatu yang bukan haknya, membicarakan sesuatu/urusan orang lain, berbuat segala maksiat yang merugikan orang lain dan dirinya sendiri, dan termasuk makan terlalu banyak ketika buka puasa😛

Untuk itu penting sekali bagi kita untuk menahan hawa nafsu terutama dibulan suci ramadhan seperti sekarang ini. Jangan sampai puasa kita sia-sia, hanya sebatas menahan haus dan lapar tanpa mendapat ganjaran pahala dariNya.

Diriwayatkan melalui Imam Shdiq, bahwa Rasulullah saw bersabda: Waspadalah terhadap hawa nafsu kalian sebagaimana kamu sekalian waspada terhadap musuh. Tiada yang lebih pantang bagi manusia daripada mengikuti hawa, nafsu dan ketergelinciran lidah yang tak bertulang.

Dan untuk menahan hawa nafsu ini kita perlu perisai ajaib,

  1. Akal sehat dan
  2. Agama.

Kembali pada perbedaan manusia dan binatang, yaitu akal. Maka karena kita punya akal maka pergunakanlah dengan sehat, dan untuk menyehatkan akal kita harus memiliki pondasi agama yang mumpuni tidak rapuh.

Berkumpullah dengan orang-orang positif dengan kegiatan-kegiatan positif, habiskan waktu dengan hal-hal positif.

Maka mudah-mudahan kita tidak termasuk orang yang merugi tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya sehingga kita bisa jadi pemenang yang sebenarnya di hari Idul Fitri nanti 😉

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 15 Juli 2013, in Sekitar Kita, Today. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: