Galeri Indonesia Wow Sahabat Bagi UKM

20160228_162649_resized

Jika orang bertanya apa itu Bandung, maka katakanlah Bandung is all about good news.

Demikian gurauan yang dilontarkan oleh bapak wali Kota Bandung, Ridwan Kamil pada perhelatan Marketeers Creativity Day yang diadakan oleh Smesco dengan mengangkat tema “Soul Of Bandung” pada tanggal 28/02/2016 lalu.

Selain dihadiri oleh Walikota Bandung bapak Ridwan Kamil dalam acara ini juga menghadirkan bapak Hermawan Kartajaya yang merupakan Founder MarkPlus, Menteri Koperasi dan UMKM bapak Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga serta Desainer handal Bapak Samuel Wattimena dan Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri.20160228_113352_resized

Dalam acara Soul Of Bandung ini mengahadirkan 51 industri kreatif terpilih dari Bandung sebagai perwakilan yang ditampilkan kepada khalayak umum sebagai representasi kota Bandung secara keseluruhan.

Sebagaimana kita tahu, Bandung adalah kota yang pertumbuhan ekonominya terbilang stabil bahkan ketika krisis melanda Indonesia waktu itu. Bandung hanya kena imbas yang sangat sedikit. Setelahnya perekonomian Bandung justru meroket.

Selain kebudayaan yang menarik, Bandung juga didukung oleh pesona wisata alam yang memukau. Kulinernya pun mampu membangkitkan selera siapa saja. Dari keharmonisan itu muncul jiwa-jiwa muda yang kreatif sehingga bandung mampu melesat cepat dengan industri kreatif.

Bandung bisa dikatakan sebagai kota UKM dengan pertumbuhan 7,8% – tertinggi di Indonesia. Dengan ekonomi kreatif sebagai penopang utamanya.

Melihat potensi tersebut, pemerintah Bandung merencakan pembangunan 2 bangunan keren sebagai dukungan akan pertumbuhan industri kreatif di bandung. Diantaranya kreatif center, yang mana direncanakan isinya berupa toko – design  store, bioskop buat nonton film produksi anak-anak kreatif, studio patung, musik, sendra tari dll. Negara hadir untuk memfasilitasi.

Bangunan kedua,Inovation center,  yang isinya alat-alat berat. Ada 3D printer, laser cutting hingga pembuatan robot. Jadi ketika orang bandung memiliki ide kreatif dan tidak punya alat, tinggal datang ke Innovation center dan membuat prototipe. Ketika prototipnya keren, maka akan diproduksi massal, dijual dan dibuatkan hak cipta. Dengan adanya fasilitas demikian diharapkan akan lahir orang-orang hebat karena negara memfasilitasi.

Salah satu inovasi terbaru, di Bandung, UKM tidak perlu pake izin, langsung saja berbisnis. Pemeriksaan akan dilakukan pihak terkait setelahnya. Dengan inovasi ini pelaku bisnis tidak lagi terhambat karena faktor perizinan.

Yang tak kalah penting, faktor yang banyak menghambat pertumbuhan UKM adalah masalah permodalan. Beruntung, pemerintah Bandung kini memberikan modal tanpa agunan, yang diberi nama Kredit Melati. Lebih kurang 6000 pengusaha UKM telah merasakan manfaat program tersebut dengan diberikan modal sekitar 30 juta.

Banyak sekali program yang menunjukkan keberpihakan permerintah Bandung untuk masyarakatnya.

Bapak Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga selaku Menteri Koperasi dan UKM dalam kesempatan tersebut menyampaikan tentang Digital Economy, atau social technopreneur . Bahwa memasuki kehidupan yang berbasis tehnologi, kita akan ketinggalan jaman jika tidak mengikuti arus. Ke depan, masalah-masalah sosial harus ikut diselesaikan dengan sistem bisnis yang berbasis tehnologi. Tanpa itu sulit untuk melawan perkembangan internasional, perkembangan global. Social tehnopreneur merupakan satu-satunya cara agar kita dapat bersaing di tingkat internasional dan langkah serta emrio tersebut sudah terlihat dilakukan di kota Bandung. Ke depannya sosial tehnopreneur adalah yang akan diwujudkan karena banyak masalah2 sosail yang harus diselesaikan dengan cara bisnis.

Beliau berharap bandung dengan kota UKM semoga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakatya. Dan kedepannya mudah-mudahan daerah lain dapat mengadopsi kebijakan dan inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah Bandung.

Salah satu yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi yang berbasis tehnlogi ini adalahGaleri Indonesia Wow yang disediakan oleh Smesco

GALERI INDONESIA WOW (GIW) sendiri merupakan rebranding dari UKM Gallery merupakan tempat proses inkubasi pemasaran bagi pelaku KUKM. Fokus utama GIW adalah membantu KUKM meningkatkan kualitas produksinya, memperluas pasarnya, meningkatkan bisnisnya serta memberikan nilai tambah bagi produk-produknya. GIW berlokasi di SME Tower Lt Dasar, dengan target pengunjung adalah orang-orang muda (youth), perempuan (women) dan para pengguna internet (netizen).

20160228_160907_resized

salah satu karya kreatif yang dipajang di galeri Indonesia Wow.

Secara garis besar, GIW memiliki lima fungsi:

Menyediakan workshop bagi KUKM untuk melakukan ujicoba dan pembelajaran dalam proses pembuatan produk, desain, kemasan guna memperoleh added value.

Mempertemukan KUKM dengan desainer untuk membuat aktivitas promosi yang bisa menghadirkan target market melalui proses kreatif.

Menyediakan tempat displai untuk produk-produk KUKM yang sudah lolos proses kurasi serta produk tersebut sudah memiliki hak cipta dan merek.

Menyediakan ruang berkolaborasi yang dapat dipergunakan oleh KUKM untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak membutuhkan kantor pribadi.

Menjadi tempat pertemuan bagi para investor private equity yang siap menjadi mitra atau bapak angkat KUKM anggota GIW.

===============

Disela acara Marketeers Creativity Day ini, teman-teman dari BloggerCrony berkesempatan mengikuti bincang blogger yang diisi oleh bapak Anto Suroto selaku Ketua UKM Indonesia mengatakan bahwa beliau masuk ke UKM sejak tahun 1980.

Menurut bapak Anto, ciri-ciri seorang blogger, IKM, dan UKM adalah orang-orang yang bermuka susah. Gara-gara kepepet, putus asa, pengangguran dan semacam gara-gara yang sejenis. Masuk akal.

20160228_144828_resized

UKM adalah usaha yang tidak harus memiliki industri. Maka blogger sudah termasuk pengusaha, dimana pengusaha tidak harus memiliki industri. Namun walaupun hanya blogger, tidak salahnya kalau kita mulai belajar menjadi blogger profesional. Yang berkwalitas dan memiliki daya saing. Blogger ibarat seorang calo, namun jangan tanggung-tanggung. Jadilah blogger profesional.

Disini juga hadir bapak Ahmad Zabadi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran KUKM. Beliau menyampaikan bahwa usaha besar di Indonesia sekitar 5000. Usaha kecil sekitar 600-700 ribu. Terbanyak oleh usaha mikro 57 juta pengusaha, memiliki kontibusi paling besar dalam menyerap tenaga kerja.

Karenanya Smesco memberikan space untuk para pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya. Disediakan berbagai alat dan ruangan yang dapat digunakan. Disediakan kesempatan bagi UKM untuk meningkatkan kwalitas produk dan dibantu pemasarannya hingga tingkat internasional.

Dengan adanya dukungan pemerintah terhadap pelaku UKM semacam ini, menyediakan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan usahanya, diharapkan kedepannya UKM tersebut dapat menjadi lokomotof yang dapat memotivasi UKM lainnya agar terus berkembang. Sehingga memasuki Masyarakat Ekonomi Asia yang mulai berlaku tahun ini, indonesia tidak hanya dibanjiri oleh produk luar, namun semoga dapat bersaing dengan baik. Tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 10 Maret 2016, in Sekitar Kita, Sosial Budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: