Sehatkan Tubuh Dengan Pikiran Positif


Berita apakah yang sering anda lihat di media-media masa belakangan ini? Revolusi Mesir? tragedi Ahmadiyah? ataupun kasus bakteri Zaka Zaki pada susu formula? Sangat meresahkan bukan?  Menurut anda bagaimana efek berita-berita tersebut terhadap pikiran anda? Pikiran anda menjadi lebih tegang, cemas, was-was, marah, bahkan tidak sedikit yang mengalami depresi dan frustasi karena berita-berita tersebut. Ternyata menurut penelitian, segala macam bentuk pikiran-pikiran negatif dapat berpengaruh buruk terhadap tubuh kita loh. Seperti apakah pengaruhnya??



Weits, tenang… jangan pusing dulu… ^ ^

Tahukah anda bahwa pikiran yang negatif dapat mempengaruhi tubuh anda?
Pernakah anda mendengar tentang penelitian Dr. Masaru Emoto tentang air? Kalau belum anda dapat membacanya disini. Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian terhadap pengaruh pikiran dan perkataan terhadap kristalisasi air. Air yang diberi perkataan & pikiran negatif akan membentuk kristal yang jelek. Sebaliknya air yang diberi perkataan baik seperti ‘thank you’ dan ‘i love you’ akan membentuk kristal air yang sangat indah.

  *kristal air bila diberi perkataan negatif    

*kristal air bila diberi perkataan positif

Kurang lebih 70% tubuh manusia terdiri dari air, sehingga dapat dikatakan bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa air. Bayangkan apa yang terjadi apabila anda terus-terusan memikirkan hal-hal yang negatif, apa yang terjadi pada tubuh anda? Menurut penelitian Dr. Masaru Emoto didapatkan kesimpulan bahwa pikiran negatif dapat mempengaruhi kesehatan anda. Berikut ini adalah efek-efeknya:

  1. Jika sering membiarkan diri kita stress maka kita akan mengalami gangguan pencernaan.
  2. Jika sering khawatir, kita bisa terkena sakit punggung.
  3. Jika mudah tersinggung maka kita akan terkena insomnia (susah tidur).
  4. Jika sering kebingungan, akan terkena sakit tulang belakang bagian bawah.
  5. Jika sering membiarkan rasa takut yg berlebihan, akan mudah terkena penyakit ginjal.
  6. Jika suka cemas akan diikuti sakit dyspepsia (sulit mencerna).
  7. Jika suka marah bisa sakit hepatitis.
  8. Jika sering apatis/tak acuh terhadap lingkungan, bisa mengakibatkan vitalitas melemah.
  9. Jika sering tidak sabar, bisa mengakibatkan diabetes (sakit gula).
  10. Jika sering merasa kesepian, bisa mengakibatkan sakit demensia senelis (memori & kontrol fungsi tubuh berkurang).
  11. Jika sering bersedih, bisa menderita leukemia.

Sebaliknya dengan selalu berpikiran positif maka tubuh kitalah yang paling mendapatkan faedahnya. Pemikiran yang positif akan membuat seseorang menjadi optimis dalam menjalani kehidupan di jaman yang keras ini. Berikut ini beberapa manfaat dari berpikir positif:

  1. Lebih panjang umur
  2. Lebih jarang mengalami depresi
  3. Memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik terhadap penyakit
  4. Lebih baik secara fisik dan mental
  5. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
  6. Mampu mengatasi kesulitan dan menghadapi stress

Nah apabila anda sudah tau apa manfaat dari berpikiran positif bagi tubuh kita, maka tunggu apa lagi. Segeralah membiasakan diri untuk berpikiran positif dan membuang jauh pikiran-pikiran negatif anda. Apabila anda merasa bahwa dalam situasi sekarang ini sangat sulit untuk berpikiran positif. Memang demikian keadaanya, namun tidak ada hal yang tidak mungkin apabila seseorang punya kemauan kuat untuk melakukan perubahan. Saya akan berikan beberapa tips agar anda bisa belajar untuk berkipiran positif apapun keadaanya, berikut ini tipsnya:

  • Hadapi dan terima segala keadaan anda dengan lapang dada. Yang berlalu biarlah berlalu, belajarlah dari pengalaman.
  • Catatlah hal-hal baik dalam keseharian anda. Ingatlah bahwa dalam keadaan apapun masih tetap ada kebaikan yang bisa anda rasakan.
  • Jangan tinggalkan kehidupan sosial anda. Tetaplah bergaul dengan teman-teman dan orang-orang di sekitar anda.
  • Berusahalah tertawa dalam keadaan apapun. Tertawalah pada keadaan yang paling susah sekalipun. Carilah hal-hal yang bisa membuat anda tertawa dalam keseharian anda. Dengan tertawa akan membuat pikiran anda lebih fresh.
  • Ikuti gaya hidup sehat. Berolah raga dan makan makanan sehat membuat anda dapat mengontrol pola stress anda dan dapat membuat anda berpikir lebih positif.
  • Instropeksi diri. Evaluasilah diri anda sendiri, catat hal-hal apa saja yang dapat membuat anda gagal dan hal-hal apa saja yang membuat anda berhasil. Lalu terapkanlah dalam keseharian anda.
  • Jangan membuat target yang tidak bisa anda capai. Dengan kata lain jangan menyiksa diri anda sendiri dengan pekerjaan ataupun kegiatan lainnya. Nikmatilah apa yang harus anda lakukan. Dengan demikian anda dapat melakukan segala hal dengan pikiran yang positif dan optimis.
  • Ucapkan kata-kata positif yang dapat memotivasi anda.  “Saya pasti bisa!”
  • Jangan tinggalkan kehidupan religi anda. Apapun agama anda, jangan tinggalkan kegiatan keagamaan anda. Tetaplah berdoa, dan berserah kepada Yang Maha Kuasa.

Jadi mulai sekarang buanglah jauh-jauh pikiran-pikiran negatif yang dapat membuat anda depresi, isilah hari-hari anda dengan segala sesuatu yang positif. Maka seiring dengan bertambah sehatnya pikiran anda tubuh anda pun ikut menjadi sehat. Selamat mencoba… ^ ^

Diambil dari : relax-potion

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 5 Januari 2012, in Inspirasi, Kesehatan, Sekitar Kita, Sosial Budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: