Hari Bumi

Lokasi : jalan setapak menuju Coban Pelangi - Bromo/Malang

Lokasi : jalan setapak menuju Coban Pelangi – Bromo/Malang

It’s 22 April.

Selamat hari bumi.

Kita kadang larut dalam sebuah perayaan. Pada kenyataannya, bagi sebagian orang hal-hal tersebut hanya sebuah perayaan. Hanya ikut-ikutan agar terlihat eksis dan agar terlihat peduli. But, who cares? 

Sisi positifnya, dalam setiap perayaan, setidaknya walaupun hanya ingin terlihat eksis, meskipun agar terlihat peduli, faktanya pada hari perayaan itu orang-orang yang peduli memang benar-benar meningkat. Setidaknya kita boleh berharap, orang yang hanya ingin terlihat ini benar-benar sadar akan roh dari perayaan tersebut. Setidaknya, semakin banyak hari-hari perayaan, maka akan semakin banyak pula ajakan-ajakan untuk peduli.

Ala bisa karena biasa. Vooiilaaaaa…. karena terbiasa terlibat walau niat awalnya ingin terlihat bla bla bla… lama-lama menjadi kebiasaan. Bukan hanya ingin terlihat semata, namun mendarah daging dan jadi kebiasaan.

It’s 22 April

Merupakan hari jadi pertama kabupaten Pss. Barat – Lampung, hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat. Ya, kabupaten Pss. Barat diresmikan pada 22 April 2013. Bertepatan pada hari bumi. Entah mereka mengerti hal ini atau tidak.

Sebelumnya saya ingin memberitahukan satu hal, bahwa ketika suatu daerah memutuskan untuk memisahkan kepemerintahan yang mengurusinya selama ini, maka bersiaplah dengan setumpuk tugas yang harus segera diselesaikan. Segera, sebab jika tidak disegerakan segala niatan pembaruan yang digadangkan akan mengendap seperti sampah dikali ciliwung. Salah satu tugas besar yang harus disegerakan adalah membangun infrastruktur kepemerintahan. Kantor kepemerintahan.

Inilah yang saya maksud, mengertikah mereka tentang hari ini? Tanggal 22 April yang merupakan hari bumi, 22 April hari jadi kabupaten.

Seberapa besar sih dana APBD yang dianggarkan untuk kabupaten seumur jagung? Yang letaknya antah berantah – terpencil. Yang pasti, dana yang dianggarkan sangat terbatas. Dan keterbatasan itu akan semakin merepotkan jika oknum-oknum yang memperjuangkan pemekaran ini memiliki agenda tersembunyi. Entahlah, hanya mereka yang tahu.

Terlepas dari apakah mereka memiliki agenda tersembunyi atau tidak, pada akhirnya kantor kepemerintahan akan dibangun di lahan perawan. Yaitu hutan belantara yang selama ini tak terjangkau. Yang selama ini hanya ditapaki oleh segelintir pemberani, yang mampu melawan rasa takut pada para penguasa rimba. Faktanya, rasa takut itu telah mempertahankan hutan rimba yang selama ini telah melindungi .

Dalam hal ini saya tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, saya faham, saya mengerti. Pemerintahan harus berjalan, tidak ada cukup dana untuk membeli lahan penduduk. Lagipula, membuka lahan perawan ini akan mendatangkan berbagai peluang untuk kehidupan masyarakat sekitar. Kemudian saya juga tidak bisa menyalahkan masyarakat sekitar dan wakil-wakilnya. Tidak. Saya tidak punya hak untuk menghakimi mereka dengan kata salah dan benar. Toh saya sendiri tidak bisa melakukan apapun, (atau lebih tepatnya tidak melakukan apapun).

Harapan. Ya, saya hanya bisa berharap. Saya berharap daerah ini berkembang. Namun, besar harapan perkembangan itu tidak menimbulkan terlalu banyak kerusakan, semoga masih ada diantara mereka yang memiliki sedikit pemikiran tentang hutan sekitar. Setidaknya dengan melakukan metode dan batasan yang wajar.

Akhir kata, selamat hari bumi. Mari ambil bagian, ikut andil dalam melestarikan bumi. Dimulai dari hal terkecil, dimulai dari diri sendiri. BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA.

Dan selamat hari jadi ke-1 untuk Kabupaten Pesisir Barat – Lampung. Semoga keputusan pemekaran daerah, otonomi, merupakan keputusan yang benar, jauh dari agenda-agenda pribadi para penguasa. Semoga kota tercinta segera berkembang, memiliki ciri khas, beradat dan tetap mengedepankan gotong royong. Semoga🙂

Hari jadi Pss Barat

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 22 April 2014, in Catatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: