Sejarah Lampung #1

Sejarah Lampung dimulai sejak zaman Hindu/Animis yang berlangsung s/d awal abad ke XVI. Sistem kebudayaan yang berasal dari luar termasuk Hindu dan Budha, tetapi yang dominan adalah tradisi asli dari zaman Malayu-Polynesia.
Daerah Lampung telah lama dikenal orang luar pada permulaan tahun masehi sebagai tempat orang-orang lautan mencari hasil hutan, terbukti dengan diketemukannya berbagai bahan keramik dari zaman Han (206 – 220 SM) dan akhir zaman Han (abad ke II s/d VII) juga dari zaman Ming (1368 – 1643).
Menurut berita dari negeri Cina (China Chronicle) abad ke VII, dikatakan bahwa di daerah selatan (Nam-phang) terdapat kerajaan yang disebut “To Lang P’owang” (To = orang, Lang P’owang = Lampung).

Telah dapat dipastikan bahwa Lampung telah didiami manusia sejak zaman prasejarah berabad-abad yang lalu.Hal ini terbukti dari penemuan peninggalan-peninggalan sejarah atau budaya dalam bentuk patung-patung, pahatan bercorak megalitik di sekitar Putawiwitan, Sumberjaya, Kenali, Batubedil dan di kecamatan Sekampung Udik (Pugung Raharjo).
Pada daerah-daerah tertentu terdapat peninggalan yang menunjukan bahwa Lampung berada dibawah Kerajaan maritim terbesar kala itu, Kerajaan Sriwidjaya. Prasasti Palas Pasema dan Prasasti Batubedil di daerah Tanggamus merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya pada sekitar abad VII. Kerajaan-kerajaan Tulang Bawang dan Skalabrak diduga pernah berdiri pada sekitar abad VII – VIII. Pusat Kerajaan Tulang Bawang diperkirakan terletak di sekitar Menggala/Sungai Tulang Bawang sampai Pagar Dewa.

Taken From : beguwaijejama

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 8 Januari 2011, in Lampung Sai. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: