7 Alasan Mengapa Membaca adalah Hobi Terbaik

Baca baca baca dan baa

DREAMERSRADIO.COM “Buku adalah teman yang paling tenang dan konstan; mereka adalah konselor paling mudah dan bijaksana, serta guru yang paling bijak.” Kutipan dari Charles William Eliot ini memang benar adanya.

Dengan membaca, kamu tidak hanya menambah pengetahuan tapi juga kamu menjadi lebih self-aware. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa membaca adalah hobi terbaik.

Memberikan pengetahuan

Ini adalah alasan utama untuk membaca. Kalau kamu membaca setidaknya satu buku dalam seminggu, maka kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang luas akan sesuatu dan juga keadaan. Pengetahuan ini akan berguna untuk kehidupan kamu sehari-hari. Selain itu, membaca juga bisa membantu meningkatkan IQ kamu.

Memperkaya kosakata

Membaca buku secara teratur bisa membantu kamu untuk menambah kosakata. Sebagian besar buku yang diterbitkan sudah melewati proses penyaringan untuk keakuratan kosakata dan juga tata bahasa. Ketika kamu membaca buku yang memiliki tata bahasa akurat, maka ini juga bisa membantu untuk memperkaya kosakata kamu.

Meningkatkan komunikasi

Membaca bisa membantu meningkatkan keterampilan berkomunikasi kamu. Dengan membaca, kamu bisa mendapatkan kepercayaan diri saat berbicara. Kalau kamu punya kemampuan berbahasa yang bagus, membaca bisa secara alami meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Mengurangi stres

Membaca ternyata juga bisa mengurangi rasa stres. Stres adalah masalah umum yang terjadi akibat kepadatan kerja atau kesibukan sehari-hari. Ketika kamu meluangkan waktu untuk membaca, kamu akan melupakan hal-hal lain dan tenggelam di dalamnya. Membaca akan mengalihkan perhatian kamu, sehingga stres pun berkurang.

Membaca seperti pembangkit mood instan. Membaca bisa membantu kamu untuk melupakan segala sesuatu di sekitarmu; membaca juga membantu untuk mengangkat mood kamu. Buku-buku tentang pengembangan diri bisa memuat kamu tetap berpikir positif. Dengan membaca buku-buku dengan pesan positif, kamu tidak akan memikirkan hal-hal dan keadaan negatif. Membaca juga bisa membantu untuk meningkatkan memori kamu dan juga meningkatkan konsentrasi.

Mengusir kesepian

Kalau buku adalah sahabat kamu, maka kamu tidak memerlukan orang lain dalam hidup kamu. Membaca membantu kamu ketika kamu merasa sedih atau kesepian. Agar kamu merasa lebih relax, ambillah buku dan mulai membaca. Jika kamu terbiasa untuk membaca, maka kamu tidak akan pernah merasa kesepian.

Teman travelling paling menyenangkan

Kalau kamu tidak mau travelling sendirian, buatlah buku menjadi teman kamu. Membaca dan travelling adalah kombinasi yang sangat bagus. Kamu bisa memperoleh pengetahuan dan awareness dengan membaca.

(nes)

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 23 Juli 2013, in Sosial Budaya. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Aku kado anakku saat ulang tahun dengan buku tulisanku sendiri.

    Suka

    • Wah ide bagus tuh, mengajarkan anak-anak mencintai buku sedari kecil. dari pada mereka menghabiskan waktu nonton tv yang tidak punya filter sama sekali..

      btw thanks atas kunjungannya yaa😀

      Suka

  2. Oke, aku juga mengalaminya. Membaca itu dah kayak Magic banget.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: