Asean Community 2015 dan Blogger

komunitas-asean-community-2015

Seiring berkembangnya zaman maka semakin banyak hal yang bisa dilakukan. Demikian juga bagi para blogger.

Jika pada beberapa tahun lalu, blog hanyalah sarana penyalur hobby menulis, walau hanya cuap-cuap tak jelas. Namun belakangan ini fungsi blogger mulai banyak dilirik oleh berbagai instansi, mulai dari perusahaan bahkan hingga instansi negara.

Di mata perusahaan, blogger adalah sarana yang tepat untuk promosi barang dan jasanya. Sehingga sering diadakan lomba review mengenai produk mereka. Tentu tidak Cuma-Cuma, karena mereka juga pastinya menyiapkan hadiah yang membuat mata blogger jadi hijau. Mata hijau karena hadiah yang menggiurkan itu wajar dan memang sudah pada tempatnya.😀

Namun bagi sebagian blogger, ikut lomba, giveaway, review produk dan semacamnya itu merupakan sebuah tantangan. Tantangan agar menambah wawasan, menambah teman sesama peserta lomba, melatih tulisan agar lebih berkwalitas, tentang hadiah itu sih bonus.. hehhhe:mrgreen:

Menjelang diresmikan Asean Community 2015, para blogger mendapat angin segar. Bagaimana tidak, melalui Asean Community keberadaan para blogger jadi lebih diperitungkan sebagai alternatif penyampaian berita bagi masyarakat. Sebab menjelang Asean Community pemerintah mengikut sertakan para blogger untuk menjadi bagian menuju Asean Community.

Disini para blogger membantu menyebarkan informasi tentang Asean Community, apa, mengapa dan bagaimana Asean Community itu. Sebagai sarana sosialisasi untuk masyarakat sekitar.

Untuk memuluskan hubungan ini, para blogger sering diundang mengadakan seminar dan pertemuan-pertemuan semacamnya.

Baru-baru ini, Asean Blogger Chapter Indonesia telah mengadakan event #10daysforASEAN. Disini para peserta ditantang untuk mebuat 1 artikel setiap hari selama 10 hari. Dimana setiap harinya panitia akan memberikan sebuah tema yang harus dikembangkan oleh setiap peserta. Sehingga acara ini tidak hanya bermanfaat untuk mensosialisasikan Asean Community, juga bermanfaat untuk para blogger itu sendiri, wawasan tentang Asean para peserta juga jadi lebih berkembang.

Selain itu, sebelumnya juga sudah pernah diadakan event-event serupa. Mudah-mudahan gencarnya usaha untuk mensosialisasikan Asean Community ini tidak sia-sia. Mengingat betapa pentingnya bagi masyarakat untuk mengetahui informasi ini.

Masyarakat harus tahu bagaimana perkembangan perekonomian setelah ini diresmikan. Masyarakat harus tahu, agar mereka bisa mengambil tindakan nyata untuk menghadapi persaingan terbuka semacam itu. Mulai dari memperbaiki kwalitas sampai kwantitas peroduk mereka. Terutama untuk para pelaku UKM. Sebab mereka menempati potensi yang paling besar.

Berpotensi besar untuk gulung tikar bila tidak sanggup dan tidak siap bersaing dengan pasar yang lebih besar, dimana pasar Asean akan menyatu. Namun mereka juga sangat berpotensi untuk melebarkan sayapnya bila mereka sanggup bersaing dan memanfaatkan peluang tersebut.

Jadi informasi tentang reformasi yang akan dibuka di tahun 2015 akan lebih mudah tersampaikan dengan bantuan blogger, sebagai salah satu alternatif dalam penyebaran informasi atau jurnalis warga.

Dan ketika waktunya sudah tiba, semoga rakyat Indonesia sudah siap, tidak hanya jadi sasaran pasar potensial bagi negara-negar tetangga.

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 7 September 2013, in 30 Hari Nonstop Ngeblog. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: