(News) Bagaimana Super Junior Menguasai China?

undefined

Di China jika bertanya pada orang tentang nama salah satu idol Korea, mereka biasanya akan menyebut Super Junior. Bagaimana Super Junior yang tampil di seluruh Asia dan tampil di panggung besar dan sukses menjual seluruh tiket konser, mampu memasuki pasar China?

Baru-baru ini, outlet media China menganalisa pesona Super Junior dan berusaha mengungkapkan bagaimana Super Junior bisa begitu populer dalam waktu singkat. Lagu mereka “Sorry Sorry” sangat terkenal dan sering dipilih sebagai lagu favorit masyarakat China.

Hasil yang didapat adalah bahwa lirik lagu yang mudah dan koreografi yang unik menarik perhatian Asia; di Taiwan lagu ini berhasil menduduki posisi 1 selama lebih dari 30 minggu. Ini adalah kejadian langka saat itu, hanya “Sorry Sorry” yang bisa didengar di kota-kota di Taiwan.

Meski ada beberapa perubahan mengenai member Super Junior selama 5 tahun belakangan, mereka masih dianggap sebagai boyband top Asia. Mengejutkan, dalam waktu singkat mereka jadi simbol Hallyu Wave. Koreo “menggosok tangan” mereka ditiru orang Asia di seluruh benua, dengan pembajakan yang ada di internet, fans mengikuti gerakan koreo dan mengupload video ke situs-situs. Melodi dan tarian simpel dan adiktif menjadi alasan lagu mereka terkenal.

Leader Super Junior, Leeteuk berkomentar, “Kurasa prang suka koreografinya juga dibandingkan menyukai lagunya saja. Inilah mengapa orang Asia suka lagu kami.”

Saat mereka ke China, ribuan fan girl menyabut kedatangan mereka dengan mengayun-ayunkan lightstick biru yang menjadi trademark Super Junior. Media China terkesan dengan kekuatan fans dan menjelaskan, “Ketenaran Super Junior tak hanya karena wajah mereka yang tampan, namun juga dari bakat sejak jadi trainee selama beberapa tahun.”

undefined

Super Junior adalah salah satu grup yang bisa menyanyi live dengan baik sekaligus menarikan koregrafi yang sulit. China juga memberi perhatian pada unit grup mereka, K.R.Y, yang terdiri dari Yesung, Ryeowook dan Kyuhyun yang memiliki vokal spektakuler. Super Junior M terdiri dari Siwon, Ryeowook, Kyuhyun, Donghae, dan Henry, yang terkenal karena konfigurasi member yang luar biasa.

Super Junior M, khususnya, sukses memasuki pasar China dengan memakai strategi lokalisasi. Mereka menyanyi dalam bahasa China dan sukses mendapat fans di sana. Siwon menjelaskan, “Super Junior M memiliki member China ditujukan untuk meraih target pasar China. Kami juga bisa berbahasa China jadi kami mengerti orang lokal“.

Dengan berbagai aspek dalam grup ini, mereka memecahkan mitos K-pop, “Bahwa grup biasanya bubar setelah 5 tahun debut.” Media China bekomentar, “Penonton China selalu mencari artis yang segar. Karena Super Junior punya banyak member dan selalu bisa memberikan kesan segar, mereka dicintai dalam waktu yang lama.”

Mereka sekarang sedang bekerja untuk memasuki pasar Amerika. Partisipasi mereka di konser L.A. (SMTOWN) September lalu juga laris manis. Tak puas dengan kesuksesan pasar Asia, mereka ingin menaklukkan pasar Amerika juga.

Pers China berkomentar terakhir kali, “Super Junior adalah superstar yang disegani dan dicintai. Kadang mereka seperti tetangga yang ramah. Segala hal dari bakat hingga kepribadian yang jujur dan dapat dipercaya membuat mereka sangat disukai fans.”

Source: TV Daily via alllkpop
Indo trans: Alois ★ あずゆ@hallyucafe

Taken From : yeppopo.wordpress.com

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 16 Februari 2011, in Hallyu. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Heya i’m for the first time here. I came across this board and I find
    It truly useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and help others like you aided me.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: