Gizi Seimbang Optimalkan Perkembangan Anak

workshop parenting Class

Ibu Hindah Bersama Bu ibu cantik^^

Melanjutkan catatan dari workshop Parenting Class yang diadakan Tabloid Nakita sebelumnya, materi kedua disampaikan oleh Ibu Hindah Muaris. Salah satu kontibutor tetap di Tabloid Nakita. Ibu Hindah merupakan pencipta berbagai kreasi resep sehat, konsultan pangan dan gizi, dan juga seorang penulis. Saya mersasa beruntung bisa menghadiri workshop yang beliau sampaikan. Pembawaannya yang santai membuat acara tersebut lebih terasa seperti sesi curhat-curhatan emak-emak yang hadir. Hehe.

Semua makanan yang disajikan harus ada ilmunya. Hal yang paling berpengaruh pada pertumbuhan seseorang adalah faktor gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. Faktor makanan merupakan faktor paling urgent bagi manusia, begitu Ibu Hindah membuka materinya.

Menurut Ibu Hindah, mengatur makanan gizi seimbang harus Smart, Fun, Fast, Fresh and healthy. Uhhukk.. pastinya ya.😀

Gizi, merupakan asupan yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Dalam setiap menu yang kita buat harus mengandung kalori dari karbohidrat, protein,dan lemak. Dan disempurnakan dengan vitamin dan mineral.
Pertumbuhan seorang bayi atau balita akan optimal apabila kebutuhan gizi seimbangnya terpenuhi. Jadi gizi, zat makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan manusia, mulai dari dalam kandungan hingga manula. Kecukupan gizi tentunya bertujuan agar kesehatan tetap terjaga.

Sedangkan Setiap tahap atau keadaan memerlukan pola makan tertentu.

Ibu Hamil

Workshop ini benar-benar membuka wawasan saya, seperti Vitamin yang dibutuhkan untuk ibu hamil salah satunya adalah asam folat. Maklum saya gagap info. Haha

Asam folat ini, kata Ibu Hindah bahkan sebaiknya dikonsumsi saat program kehamilan. Bisa dikatakan setelah menikah, langsung saja banyakin konsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat. Asam folat berperan penting dalam proses perkembangan janin, khususnya perkembangan sistem saraf dan sel darah. Ada pada bayam, brokoli, pisang, jeruk, asparagus, kedelai, dan sereal.

Gizi Harus Seimbang
Ibu hamil juga benar-benar harus memperhatikan asupan kalorinya. Di trimester II dan III, kebutuhan kalori tambahan ini berkisar 300 kalori per hari dibanding saat tidak hamil. Berdasarkan perhitungan, pada akhir kehamilan dibutuhkan sekitar 80.000 kalori lebih banyak dari kebutuhan kalori sebelum hamil.

Kebutuhan vitamin A dan C juga meningkat selama hamil. Begitu juga kebutuhan mineral, terutama magnesium dan zat besi. Magnesium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dari jaringan lunak. Sedangkan zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan sangat penting untuk pertumbuhan dan metabolisme energi, disamping untuk meminimalkan peluang terjadinya anemia. Kebutuhan zat besi menjadi dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil.

Slide8
Asupan harian seorang Ibu hamil usahakan berwarna-warni. Jangan hanya satu warna. Lukislah piring kita dengan 5 warna, setiap hari.
Kenapa seorang ibu hamil harus benar-benar memperhatikan asupan gizinya? Sebab sebagai orang tua, tidak hanya menjaga anaknya ketika sudah lahir. Persiapan sebelum lahir ini tak kalah penting, demi terlahirnya bayi yang sehat. Semua orang tua pasti mengharapkan yang demikian, bukan?

Menyusui

Tambahan kalori, untuk ibu menyusui butuh 500kkal. Agar asi bermutu dan banyak.
Sedangkan untuk bayi, tentu disesuaikan dengan perkembangan bayi. Dimulai dengan asi ekslusif. Yaitu dengan pemberian asi selama 6 bulan penuh tanpa makanan pendamping lainnya.

Keistimewaan ASI:
1. Mengandung zat antibodi yang penting untuk bayi
2. Murah, ga perlu beli. Yang penting sang Ibu harus mengatur asupan gizi seimbang sesuai kebutuhan
3. Selalu tersedia dalam suhu ideal
4. Segar dan steril
5. Komposisi gizi sesuai dengan kebutuhan bayi
6. Membangun kontak bathin yang kuat antara Ibu dan Anak
7. Menyusui dapat menunda kehamilan, kurang lebih selama satu tahun. Ini bisa jadi alternatif KB, KB yang alami.

Bagaimana dengan pemberian susu formula? PEMBERIAN SF diindikasikan untuk bayi yang karena suatu hal tidak mendapatkan ASI atau sebagai tambahan jika ASI tidak mencukupi.

Hal yang diperhatikan u/ memaksimalkan ASI :
 Ibu harus siap untuk menyusui baik mental maupun fisik, artinya:
 Rasa percaya diri dan motivasi / keinginan untuk menyusui harus kuat
 lingkungan harus mendukung (suami, keluarga lain, tetangga, teman, tenaga kesehatan, dll.)
 harus menjaga kesehatan diri : makan makanan bergizi secara teratur, istirahat cukup, tetap beraktifitas, dll.
 Susuilah bayi sesegera mungkin setelah bayi lahir (dalam 1 jam pertama), selanjutnya susui sesering mungkin sesuai kebutuhan bayi.

Cara menyusui yang benar:
 Posisi ibu & bayi : saling berhadapan, perut bayi menempel
 Pada tubuh bagian depan ibu.
 Kepala dan punggung bayi lurus dengan ditopang lengan ibu
 wajah berhadapan, mata saling menatap (kontak mata)
 Mulut bayi mencakup hampir seluruh bagian hitam payudara, bibir bawah kearah luar

MELANCARKAN ASI:
Daun pepaya yang masih muda dapat untuk memperbanyak produksi ASI.
Cara : pupus daun + 1 ruas jari jahe + 100 gr gula merah, dan air secukupnya. Rebus dan minum setiap hari.
Daun tapak Liman, daun pare, dan daun katuk juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan ASI.

DAPAT JUGA DENGAN :
 Sering memompa
 Sering memijit
 Memperbanyak minum air
 Perbanyak makan daun katuk
 Ubi jalar juga dapat meperbanyak
 Perbanyak makan hidangan berkuah

MINYAK KELAPA:
 Nenek moyang menyarankan agar lebih mudah melahirkan dan membuat rambut bayi tumbuh subur
 Ternyata minyak kelapa juga dapat memperbanyak ASI, karena mengandung asam lemak laurat, asam kaprik, dan kaprilik.

Gizi Seimbang

MPASI

Bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah ada gerakan rahang ke samping kiri dan kanan. Atas ke bawah lebih kuat, sehingga gerakan mengunyah mulai timbul. Lidah sudah mulai memutar saat inilah mulai diperkenalkan makanan pendamping ASI. Yaitu makanan yang dihaluskan sebagai pendamping ASI. ASI tetap harus diberikan.

Selain karena perkembangan rahang yang sudah mumpuni untuk diberikan makanan tambahan, MPASI juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Dan pada usia 6 – 9 bulan merupakan masa kritis bagi perkembangan anak, sebab bila tidak dimanfatkan dengan baik untuk melatih anak untuk mengunyah, maka setelah 1 tahun anak belum bisa makan makanan padat dan bertekstur kasar. Jadi memang harus dilatih sejak masa pemberian Asi ekslusif berakhir ya bu ibuuuu.

MAKANAN TIM SARING:
 MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DIBERIKAN SETELAH BAYI UMUR 6 BULAN
 DIMULAI DENGAN BUBUR SUSU
 TIM SARING
 TIM SEMI PADAT
 TIM PADAT
 HINDARI PEMBERIAN GARAM, GULA, MADU, FOOD ADDITIVE, TEPUNG YANG MENGANDUNG GLUTEN TINGGI, DAN SUMBER KARBOHIDRAT SEDERHANA

Bubur susu itu apa sih?
 BUBUR SUSU ADALAH MAKANAN PENDAMPING PERTAMA YANG DIPERKNALKAN KEPADA BAYI.
 DIBERIKAN SECARA BERTAHAP, DIMULAI DARI 1 JENIS BAHAN PANGAN DICAMPUR DENGAN ASI ATAU SF
 BAHAN-BAHAN YANG DIANJURKAN : BERAS MERAH, BERAS, KENTANG, PISANG, BROKOLI, APEL, PIR, APOKAT, SEMANGKA, KACANG HIJAU, BAYAM, KEMBANG KOL, LABU KUNING, ZUKINI, DAN MELON
 HINDARI JERUK, TOMAT UNTUK PENGENALAN BUAH PERTAMA, KARENA MENCETUS ALERGEN.

Dalam menyiapkan MPASI, harus memperhatikan faktor-faktor berikut:
– MENJAGA KEBERSIHAN
– PILIH BAHAN BERKUALITAS
– MENGGUNAKAN PERALATAN YANG AMAN UNTUK MAKANAN (FOOD GRADE)
– LAKUKAN DENGAN CINTA. Penting ini. Hihii.

BALITA

SARAPAN SEHAT UNTUK ANAK BALITA

Mengapa sarapan penting ?
– Untuk mencukupi 1/3 kebutuhan energi dalam sehari
– Sebagai landasan untuk menunjang aktivitas sehari lebih berkualitas , terutama untuk anak yang memerlukan daya tahan dan intelektualitas.
– Dibuat seimbang, penuh gizi – ONE DISH MEAL
– Siap saji
– Lebih bervariasi

LAUK BERGIZI UNTUK ANAK BALITA:
– MASUK KATEGORI MAKANAN UTAMA
– HARUS MENGANDUNG TINGGI PROTEIN : BAIK DARI NABATI DAN HEWANI.
– DIBUAT BERVARIASI DAN DISAJIKAN SECARA ATRAKTIF
– DIOLAH SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MEMUDAHKAN ANAK UNTUK MEMAKANNYA
– DIBUAT KREASI RESEP DENGAN MENGIKUTI TREN YANG SEDANG “IN” , MISAL MEMBUAT
CHICKEN NUGGET, BUFFALO WINGS DLL

BEKAL SEKOLAK UNTUK ANAK BALITA:
– KONSEPNYA ADALAH ONE DISH MEAL (HIDANGAN SEPINGGAN) – ARTINYA DALAM SATU
HIDANGAN SUDAH MENGANDUNG LENGKAP GIZI
– MUDAH DIKEMAS
– PRAKTIS
– TIDAK MUDAH RUSAK, BAIK DARI SEGI KUALITAS MAUPUN CITA RASA MAKANAN
– MENARIK DAN ATRAKTIF

Kesimpulan:

Masa depan suatu negara berawal dari seorang Ibu. Ketika seorang ibu mampu menjadi panutan bagi anak-anaknya, dan pastinya dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk keluarga tercintanya. Karenanya, yuk bu ibuu, kita perbaiki perlahan-lahan pengetahuan kita tentang panganan yang baik. Demi terciptanya masa depan  yang cerah bagi anak-anak kita kelak.

Ppssss:
Untuk membuat kaldu yang baik dan pastinya sehat bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan kaldu ayam, rumput laut dan jamur.

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 1 April 2016, in Kesehatan, Reportase. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: