5 Ketabuan seorang Idola yang dipatahkan oleh ‘Big Space Star’ Kim Heechul

Dalam waktu 5 tahun setelah debutnya sebagai idol, ketenaran Kim Heechul Super Junior tidak hanya melejit bagai meteor namun dia juga telah menjadi salah satu bintang yang diakui kemampuannya.

Heechul debut sebagai salah satu member Super Junior tahun 2005 lalu, dan mencuri perhatian publik dengan wajah pretty boy nya.  Para produser pun tidak bisa melewatkan rookie tampan yang satu ini dan hasilnya dia mendapat peran pertamanya dalam drama “Banolim”.  Dari mulai awal karirnya, Heechul meningkatkan potensi diri dengan menjadi penyanyi dan aktor sekaligus.

Namun bukan hanya pilihan karirnya yang membuat kebintangannya bersinar seperti saat ini. Mungkin juga karena dia lahir dan tumbuh di kota Kangwon-do yang alami dan memiliki lingkungan yang menyenangkan, tapi Heechul tidak pernah ragu untuk mengekspresikan apa yang dia pikirkan maupun berkompromi mengenai kepribadiannya yang ramah dan ceria. Hal ini menjadi alasan mengapa ia memiliki fanbase yang kuat, namun seperti 2 sisi mata koin, hal ini jugalah yang menjadi penyebab dia memiliki banyak anti fans.

Kendati begitu, dia mampu mencapai 6 tahun dari karirnya hari ini, dan (dia) masih merupakan orang yang sama yang dicintai fansnya dari awal; dan saat ini publik pun mulai mengenali seorang Kim Heechul yang sesungguhnya.

Dia mampu mengubah anti fans menjadi fans, dengan melakukan hal2 yang biasanya ‘tabu’ dilakukan oleh seorang idola. Berikut kelima hal tersebut :

1. Dia menyebut dirinya sendiri sebagai ‘Big Space Star,’ dan mampu menyaingi gagman Kim Gura.

Sebelum Heechul ‘tiba’ dalam dunia hiburan, biasanya seorang idola harus menunjukkan sikap yang rendah hati di hadapan publik. Seperti ketika mereka dipuji, entah itu mengenai bakat maupun penampilan mereka, kebanyakan dari mereka akan mengatakan “Tidak” dan berusaha untuk terkesan down to earth.

Namun tidak demikian dengan Heechul. Dia akan mengatakan dengan percaya diri bahwa dirinya memang tampan. Meskipun pernyataannya ini membuatnya mengumpulkan banyak anti fans, namun ‘konsistensi keangkuhan’nya selama lima tahun terakhir ironisnya menumbuhkan kesan kejujuran yang tulus; sesuatu yang bahkan tidak dapat dibantah oleh para anti fans.

Saat ini ketika dia tampil dalam variety show dan menyatakan diri sebagai ‘big space star’, tidak ada seorang pun yang akan menunjukan wajah tidak setuju, mereka malah terhibur dan ikut tertawa mendengar pernyataan Heechul tersebut.

Kepercayaan dirinya bahkan membuatnya terlihat seperti saingan gagman Kim Gura, yang memang terkenal dengan komentar2nya yang keras. Heechul menganggapnya sebagai senior dengan penuh hormat, dan di saat yang bersamaan, tetap mengekspresikan apa yang sesungguhnya dia inginkan. Kepercayaan diri seperti inilah yang membuatnya mendapatkan respek dari sang gagman.

Heechul mengatakan, “Aku mungkin anak yang kurang sopan, tapi aku tidak pernah menyembunyikan diriku dari orang lain. Sama halnya ketika aku memanggil Gura-hyung.  Dia banyak memberiku saran, namun yang menurutku aneh adalah kenyataan bahwa aku adalah seorang fan dari ‘komentator kejam’ Kim Gura dan Myungsu hyung. Mungkin karena mereka juga sama2 percaya diri.”

2. Heechul, idola pertama yang berani menirukan suara Lee Soo Man

Keberanian Heechul telah membuat para staff SM terkejut. Sesaat setelah debut, Heechul menirukan suara Lee Soo Man, produser SM Entertainment, yang membuat manajernya dan para staff SM terkejut karena itu merupakan kali pertama seorang idola berani melakukannya.

Dia menjelaskan, “Dalam suatu acara, aku memang sempat menirukan suaranya sekali.  Aku melakukannya untuk bersenang-senang, namun manajerku sangat terkejut dan berbicara panjang lebar dengan sang PD mengenai apakah hal tersebut dapat disiarkan atau tidak.  Kemudian aku menelepon Lee Soo Man langsung dan bertanya ‘(ini) Bisa disiarkan, bukan?’ Dia bilang ‘Tentu saja. Saya percaya Kim Heechul adalah orang yang sopan’  Aku bisa saja bilang tidak, tapi hal itu hanya akan membuatmu ingin melakukannya lebih lagi, jadi biar saja disiarkan.’  Sejak saat itu banyak artis SM yang juga mulai melakukannya.”

3. Meskipun merupakan seorang artis SM, Heechul sering mengatakan “YG and JYP, fighting!

Rivalitas antara 3 agensi musik terbesar di Korea yakni SM, YG dan JYP bukan merupakan hal yang baru bagi seorang fan musik kpop. Biasanya seorang artis hanya akan ‘mendukung’ artis di bawah naungan agensi yang sama namun tidak demikian dengan seorang Kim Heechul.

Jika ditanya member girl group favoritnya, dia akan menjawab Sohee Wonder Girls dari JYP dan bukan salah satu dari member SNSD yang merupakan sesama artis SM Entertainment. Hingga satu kali Yoona SNSD sempat mengeluh padanya dan berkata “Oppa, kenapa hanya suka pada Sohee?” dan dia membalas “Kamu lebih dekat dengan 2PM dari pada aku!”

Baru2 ini dalam program radio yang dibawakannya, SBS Youngstreet, dia sempat menyanyikan lagu 1TYM dan berteriak “YG Family, peace! Fighting!“  Namun karena fans tahu betul bahwa dia menyayangi keluarga besar SM lebih dari yang lain, mereka justru tertawa terhadap humornya yang satu ini.

4. Sebagai seorang idola, dia juga mengharapkan agar musik band dapat lebih dicintai di Korea

Meskipun usianya hampir 29 tahun saat ini, Heechul masih merupakan salah satu figur seorang idola di Korea. Namun begitu dia sendiri mengharapkan agar musik band dapat lebih dicintai di Korea dengan mengatakan “Musik grup2 idola saat ini memiliki pengaruh yang begitu kuat di Korea, aku berharap musik band dan genre musik2 yang lain dapat dicintai sama halnya seperti musik dari grup2 idola.”

Sebagai seorang DJ radio, dia tidak hanya familiar dengan musik2 dari grup2 idola saat ini namun juga dengan berbagai macam genre musik yang lain.

5. Publik dengan mudah mengerti mengapa Ia menyebut dirinya sebagai saudara BoA dan menjuluki IU sebagai singer song student

Jarang ada artis yang memperlakukan bintang top Asia seperti BoA dengan berani, kecuali bisa ditebak sendiri, Kim Heechul.  Sekali waktu Heechul pernah mengatakan di radionya bahwa BoA memiliki kemampuan minum yang mengesankan dan BoA tertawa mendengar hal ini karena dia mengenal kepribadian Heechul lebih daripada yang lain.

Keberanian Heechul tidak berakhir sampai disitu, ‘target’ barunya adalah IU, sang nation’s little sister. IU merupakan tamu permanen di radionya dulu. Heechul menjulukinya sebagai singer song student, dan menjelaskan bahwa IU adalah seorang murid SMA dengan bakat musik yang luar biasa.

“BoA sudah seperti adikku sendiri, ketika kita bersama kita akan memperlakukan satu sama lain dengan hangat dan saling menyumpahi satu sama lain. Dan IU dulu sempat kesulitan denganku, namun sekarang dia menjadi seorang adik yang luar biasa. Mungkin hal ini sulit dipercaya, tapi aku pun bisa merasa malu dengan orang lain.  Namun ketika aku dekat dengan seseorang, aku akan terus begitu hingga akhir.  Kepribadian seperti ini terbukti ampuh saat mencoba dekat dengan BoA dan IU,” katanya sambil tertawa.

source : star news, nate, allkpop
translated by harlequinn @ sujuelfone
may take out with full credit & no additional credit

via : yeppopo.wordpress.com

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 17 Februari 2011, in Hallyu. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: