Coklat Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Coklat adalah sebuah produk olahan yang berasal dari biji buah Kakao (Theobroma cacao). Melalui proses fermentasi dan berbagai proses-proses lainnya maka jadilah sebuah produk Coklat yang dapat dikonsumsi.Produk coklat dalam perkembangannya dapat diolah menjadi banyak bentuk seperti permen, roti, ice cream, minuman dan aneka ragam snack lainnya. Namun tahukah anda manfaat coklat untuk kesehatan anda?

Bagi para penggemar coklat pasti akan mengangguk-angguk sambil membenarkan setelah membaca artikel ini. Kata Coklat berasal dari Xocoalt, bahasa suku Aztec yang berarti minuman pahit. Dikisahkan bahwa Sang Dewa Quetzalcoatl mengajarkan manusia untuk membuat minuman para dewa ini. Namun menurut catatan yang terdapat di sebuah papirus mengatakan bahwa bangsa Mesir lah yang pertama kali mengenal Coklat. Penyebaran coklat sendiri dimulai oleh bangsa Spanyol bersamaan dengan ditemukannya benua baru (benua Amerika).

Pada jaman Revolusi Industri yang terjadi di Eropa pada akhir abad 18, Coklat mulai diproduksi secara masal dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pabrik-pabrik coklat pun mulai didirikan, pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat. Pada pertengahan abad 19 Swiss menjadikan coklat sebagai makanan ringan. Siwss juga terkenal sebagai negara penghasil coklat terbaik. Namun saat ini sudah banyak pabrik-pabrik Coklat dengan peralatan pengolah Coklat yang canggih dapat menghasilkan coklat yang benar-benar berkualitas.

Dulu coklat dianggap makanan manis yang dapat merusak gigi dan tidak sehat. Namun beberapa penelitian membuktikan bahwa Coklat ternyata memiliki kasiat yang luar biasa. Ditemukan bahwa seseorang yang gemar memakan coklat memiliki umur 1 tahun lebih lama daripada orang yang bukan pemakan coklat. Hal tersebut disebabkan karena di dalam Coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu Fenol dan Flavonoid. Antioksidan dalah sebuah zat yang mampu menangkap radikal bebas dalam tubuh kita. Bahkan menurut penelitian ditemukan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam Coklat 3 kali lebih besar daripada yang terkandung di dalam teh hijau. Antioksidan Fenol dapat mengurangi kolesterol dalam darah sehingga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung, mencegah timbulnya kanker, dan dapat mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi.

Tidak hanya itu saja, di dalam Coklat terdapat kandungan vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E untuk kesehatan kulit. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung, diabetes, masalah persendian sampai dengan masalah bulanan yang sering dialami wanita yaitu Pra Menstruasi Syndrome (PMS). Dengan makan coklat akan menambah magnesium dalam asupan gizi harian yang menyebabkan meningkatnya kadar Progesteron pada wanita yang dapat mengurangi efek negatif dari PMS. Antioksidan dan Katekin yang terkandung di dalam coklat seringkali dimanfaatkan untuk mengurangi efek penuaan dini. Tidak heran kalau belakangan ini muncul metode perawatan kecantikan dengan menggunakan Coklat sebagai alatnya, contohnya lulur dengan menggunakan Coklat.


Coklat yang beredar di pasaran saat ini memiliki berbagai macam kandungan seperti gula, susu, vanila, esence, dan bahan-bahan lainnya sebagai pelengkap. Namun katgori coklat yang bagus adalah coklat yang memiliki kandungan Coklat murninya lebih besar daripada kandungan gula maupun bahan-bahan lainnya. Karena gula yang ada di dalam coklat dapat memberikan efek-efek negatif bagi tubuh seperti diabetes. Sebagai contohnnya produk coklat yang sering dikonsumsi oleh anak-anak (coklat dengan harga murah) adalah coklat dengan kandungan gula dan lemak jenuh tinggi serta keburukan lainnya seperti minyak sayur terhidrogenasi (HVO) sehingga mengakibatkan kerusakan gigi dan gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes.

Oleh karena itu kita harus lebih berhati-hati dalam memilih coklat yang hendak kita konsumsi. Dark Chocolate adalah pilihan terbaik karena memiliki kandungan Kakao 70%, lebih banyak daripada kandungan gula dan Minyak Sayur Terhidrogenasinya. Bahkan coklat ini tidak mengandung lemak jenuh. Berbeda dengan White Chocolate yang kandungan Kakaonya hanya 33% dan sisanya adalah susu, gula dan bahan-bahan lainnya. Namun belakangan ini sering muncul produk-produk coklat yang memiliki kandungan Kakao tidak lebih banyak dari 20%. Sampai-sampai Amerika mengeluarkan peraturan bahwa produk coklat yang diijinkan beredar di masyarakat adalah produk yang memiliki kandungan lebih dari 20% Coklat.

Oleh karena itu perlu berhati-hati dalam memilih produk coklat yang beredar di masyarakat. Pilihlah coklat yang memiliki kandungan gula yang rendah. Karena bukannya bermanfaat bagi tubuh namun malah dapat merugikan kesehatan kita sendiri.

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 5 Januari 2012, in Inspirasi, Kesehatan, Sekitar Kita, Sosial Budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: