Dollar Melambung, Industri Percetakan Oleng

Tidak stabilnya nilai tukar USD berdampak pada tidak stabilnya emosi. Kerjaan jadi kacau karena harga barang mendadak jadi labil berjamaah.

Yang tidak tahu kalau nilai tukar dolar melambung tinggi saat ini hayooo ngacuuung.

big eye onion headAsli, naiknya nilai tukar dollar terhadap rupiah tidak hanya membuat perkonomian masyarakat Indonesia agak morat-marit walaupun kenaikan ini belum terlalu lama namun dampaknya langsung terasa secara instan. Contohnya harga tahu dan tempe.

Oke, saya tidak akan repot-repot membicarakan bagaimana buruknya dampak kenaikan USD ini terhadap orang lain, karena konon katanya membicarakan oranglain itu tidak boleh nanti berdosa. Hahha:mrgreen:

==

Sebagai seseorang yang bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan, pergerakan harga USD tidak akan pernah lepas dari pantauan. Tentu yang paling mengkhawatirkan ketika harga dollar mulai agak alay merembet naik. Sebab, bahan chemical untuk percetakan itu harganya realtime beberapa saat yang lalu harga USD naik,, harga chemicalpun langsung ikut naik.

Yang paling ngaruh itu di kertas, partisi utama. Kalau sebelumnya dikisaran Rp 11.000,- sekarang tembus diharga Rp 13.000 per KG.

Nahhh,, cakep bangetkan. Segitu juga uang sodara. Apalagi kalau perusahaan tempat kerjamu itu ternyata rajanya medit, uang 1.000 saja dipermasalahkan hingga ke neraka. Owwhh what the lah.. ckckck

Akan semakin runyam jika customer tidak mau ngerti. Dijelasin sampai berbusa juga percuma. Dengan alasan bahwa mereka mengacu pada penawaran harga yang sudah masuk, customer macam begini nih yang bikin susah, ngga up to date. Bikin susah kerjaan dan emosi sulit terkendali.

Melambungnya harga kertas juga tidak lepas dari tarik ulur para pemain kertas. Tak jarang distributor sengaja menahan kertasnya sehingga terjadi kelangkaan di pasaran sehingga harga naik melambung tinggi secara mulus. Ini juga bikin emosi tidak stabil.

Ketika segala sesuatu yang berhubungan dengan customer sudah oke, ternyata kita kepentok dengan ketersediaan kertas dipasaran. Terpaksa kita harus nunggu ketersediaan stock. Masalahnya ini tentang deadline. Ada yang cetakannya harus segera jadi karena mau dipake untuk pameran, harus segera disistribusikan ke berbagai cabang di luar kota. Jika kita tidak bisa memenuhi deadline, itu juga bikin emosi tidak stabil. Tidak tahu mana pihak mana yang harus dipersalahkan.

Dalam hal ini kendala bagi customer terletak pada budget yang mereka miliki, sedangkan bagi supplayer jika itu diteruskan artinya dengan sadar telah mencikik lehernya sendiri.

Apapun itu, semoga harga dollar segera stabil.

pretty onion head

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 30 Agustus 2013, in 30 Hari Nonstop Ngeblog, Catatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: