Icity : Digital Community Berbasis Solusi

Terlahir keren :P

Terlahir keren😛

Sempat salah gedung, saya cukup menyeberangi jalan untuk sampai di gedung yang sebenarnya. Sasampainya di lokasi, ternyata acara ngobrol seru Digital Community Hangout with Forum Icity yang diadakan di gedung pusat Indosat (7-2-15) belum dimulai. Pun pesertanya belum terlalu banyak terkumpul. Sembari menunggu, sebagian teman blogger memanfaatkan foto booth yang disediakan penyelenggara untuk bernarsis ria.

Yang lainnya memilih bersantai dan ngobrol asik dengan rekan bloggernya dengan ditemani alunan music yang menambah seru acara, sembari menyeruput segelas teh hangat atau segelas kopi dan makanan ringan yang sengaja disiapkan penyelenggara.

hangeout icity

Selanjutnya acara dibuka dengan menghadirkan dua narasumber sekaligus. Yaitu mba Gina selaku community manager Icity, menjelaskan bahwa awalnya Icity (Indosat Community Forum) bernama Forum Ngobrol Bareng. Icity merupakan forum yang berbasis solusi pertama di Indonesia. Tidak hanya terbatas pada layanan Indosat, disana juga membahas solusi tentang gadget dan teknologi. Juga wadah berkomonitas pelanggan indosat, diantaranya fotography.

Indosat merupakan satu-satunya media yang menyediakan dan memfasilitasi forum support. Dan tidak terbatas pada pengguna Indosat, pengguna provider lainnya juga boleh gabung. Toh forumnya tidak hanya membahas mengenai Indosat dan jaringannya. Tapi pastinya akan lebih nyambung kalau pake Indosat sekalian. Seperti saya, pengguna setia indosat sejak jaman dahulu kala😉

hangout icity 3

Data terbaru :

Terdapat bank solusi. 2000 solusi terverifakasi 18. 000 user. 8 million traffic.

Di Icity terdapat level pengguna ; 1-2-3-pro-expert-master. Semacam di kaskuser, disana saya newbie yang gak pernah terangkat levelnya karena ga pernah nimbrung.:mrgreen:

Dan mba Devi selaku div-digital marketing indosat, sharing tentang digital marketing, berhasil membuka wawasan mengenai dunia blogging. Misalnya, blogger pertama adalah Justin Hall, yaitu pada tahun 1994.

Lainnya :

  • 81% populasi online percaya pada informasi dan saran yg didapat dr blogger
  • 61% populasi online melakukan pembelian atas rekomendasi dr blogger
  • 86% influencer aktif di blog
  • blog yg paling banyak digunakan adalah wordpress dan blogspot
  • Indonesia merupakan blogger dgn jumlah terbanyak ke 4 di dunia

Waktu dan tema ngeblog yang disarankan :

September – November              = why post

September                                      = video

Agustus – November                   = how to

Oktober                                           = what post

Mba Devi juga berbagi info mengenai berbagai program di Icity, yang pastinya menarik untuk dicoba.

Dalam acara ini, Indosat menghadirkan dua super user icity. Yaitu Bapak Bayu Dwiantoro atau biasa disapa Om Dok, karena beliau merupakan dokter spesialisasi anestesi, berasal dari Surabaya. Dan mas Fandi Ahmad, seorang Mahasiswa dari Semarang.

Keduanya rela terbang jauh-jauh ke Jakarta untuk acara ini, dalam rangka membagi pengalaman, manfaat dan keseruan mereka selama aktif di forum Icity. Secara garis besar alasan mereka tertarik dan begitu aktif di Icity, disana mereka menemukan adanya kekeluargaan antar sesama pengguna. Merasa adanya ikatan khusus dan adanya kebebasan bahkan hamper tanpa sensor [tentunya dengan batasan yang sewajarnya]. Dan yang penting Icity tidak mencari keuntungan dengan mengejar hits/viewer, sehingga bebas untuk aktualisasi diri, tulisan didengar, dan linknya menjadi luas.

hangeout icity  1

Lalu acara ditutup oleh bang Lukman Baihaqi, seorang komedian (stand up comedy), yang berhasil mengocok perut peserta. Benar-benar menghibur. Dan pastinya acara ini benar-benar bermanfaat dan menambah wawasan, dan pastinya juga menambah teman.

===

Thanks untuk seluruh bagian yang terlibat. Kali ini saya hadir mewakili Komunitas Dblogger [blogger detik].

foto bareng forumicity via istianasutanti.wordpress

foto bareng forumicity via istianasutanti.wordpress

About azzuralhi

Ketika Anda tidak percaya tentang keindahan, selama itu pula Anda tidak akan pernah menemukan keindahan.

Posted on 1 Maret 2015, in Reportase and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: